You are currently viewing Apa itu LCL dan FCL?

Apa itu LCL dan FCL?

Dalam dunia eksport import, ada berbagai cara melakukan pengiriman ke atau dari negara tujuan dengan aman.

Dalam pengiriman terdapat 2 istilah yaitu LCL atau Less Container Load dan FCL atau Full Container Load.

FCL dan LCL merupakan pilihan layanan pengiriman yang menggunakan kontainer untuk memuat barang yang akan dikirim. FCL dan LCL memiliki definisi dan keuntungan masing-masing dalam pengiriman.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai FCL dan LCL

FCL (Full Container Load)

FCL merupakan layanan pengiriman barang yang menggunakan kontainer dimana isi kontainer tersebut seluruhnya merupakan milik pengirim itu sendiri tanpa digabung dengan barang orang lain. Dengan menggunakan layanan FCL ini, pengirim barang bisa menyewa satu kontainer full untuk mengangkut barang yang akan dikirim ke luar negeri.

Biasanya layanan FCL ini lebih sering digunakan oleh pebisnis dibandingkan perorangan. Hal ini dikarenakan layanan FCL memiliki biaya yang cukup hemat dibandingkan dengan metode lain. Selain itu, layanan FCL terbebas dari biaya kubikasi.

Adapun keuntungan lain dari layanan FCL yaitu muatan yang diangkut didalam kontainer memiliki keamanan yang lebih tinggi, dikarenakan berisi jenis barang yang sama dan disewa full oleh pengirim yang sama. Selain itu, tidak perlu menunggu kontainer penuh untuk berangkat dan pengiriman lebih efisien serta lebih cepat untuk sampai tujuan.

LCL (Less Container Load)

LCL merupakan layanan yang sama menggunakan kontainer juga, akan tetapi barang yang dikirim menggunakan layanan ini digabung dengan barang orang lain yang menggunakan layanan yang sama dalam satu kontainer. Layanan LCL ini memiliki biaya yang murah dibandingkan FCL. Ada hal yang perlu diperhatikan jika kalian ingin menggunakan layanan LCL ini, yaitu kalian harus mengetahui dimensi kargo berdasarkan hasil hitungan kubikasi. Kemudian kalian akan membayar sesuai kubikasi dari barang kalian. Perlu diperhatikan juga, layanan ini memiliki resiko dimana barang kalian memiliki kemungkinan rusak karena terkontaminasi dengan barang lain yang terdapat di dalam kontainer. Biasanya layanan ini digunakan untuk perseorangan. Akan tetapi, layanan LCL ini membutuhkan waktu pengiriman yang lebih lama karena adanya pemeriksaan dokumen untuk setiap barang yang terdapat di dalam kontainer.

LCL sendiri memiliki 2 jalur yang bisa digunakan, yaitu LCL by sea dan LCL by air. Sesuai dengan namanya, untuk LCL by sea yaitu pengiriman kontainer menggunakan jalur laut dengan menggunakan kapal. Sedangkan LCL by air adalah metode pengiriman kontainer menggunakan pesawat kargo.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan FCL dan LCL. Jika ingin menentukan pilihan mana yang tepat untuk pengiriman barang kalian, hal itu cukup mudah untuk dilakukan. Sebelum memilih layanan pengiriman, kalian harus melihat jenis dan jumlah barang yang akan kalian kirim ke penerima barang. Jika barang yang kalian kirim berjumlah banyak dengan memiliki jumlah dimensi masing-masing dari setiap barang, disarankan memilih layanan FCL. Begitu juga sebaliknya, jika barang yang kalian kirim berjumlah sedikit atau bahkan hanya satu barang, kalian bisa memilih layanan LCL. Setelah itu kalian bisa menyeimbangkan biaya pengiriman dengan ketepatan proses pengiriman dilakukan.

Leave a Reply